CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 08 Oktober 2013

Bakteri Gigi bisa Sumbat Aliran Darah Menuju Jantung

Anda yang saat ini sedang bermasalah dengan kesehatan gigi dan gusi sebaiknya mulai berhati-hati. Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang memiliki penyakit jantung pada awalnya bermasalah dengan gigi atau gusi mereka.



Penyakit yang berhubungan dengan jantung biasanya diakibatkan penyempitan pada pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah terjadi akibat penumpukan plak pada arteri yang menghalangi aliran darah menuju jantung.

Selain kolesterol, penyumbatan pada pembuluh darah juga bisa diakibatkan oleh masuknya bakteri penyebab penyakit. Ketika seseorang mengalami masalah pada gusi atau gigi, bakteri yang pada awalnya berada di mulut akan ikut terbawa ke pembuluh darah.

Jika gangguan pada gusi tidak segera ditangani maka dikhawatirkan bakteri yang masuk ke pembuluh darah akan semakin banyak dan akan mengumpul di dinding pembuluh darah.

Tubuh akan merespon kondisi ini dengan memberikan efek peradangan (inflamasi). Ketika mengalami peradangan maka pembuluh darah akan membengkak dan menyempit sehingga menghalangi aliran darah dan berpotensi memicu serangan jantung.

“Berbagai studi telah menemukan bahwa ada kaitan erat antara kesehatan rongga mulut, gigi dan gusi dengan kesehatan jantung.” ungkap Sally Cram seorangperiodontist dari the American Dental Association.

“Menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut adalah cara yang efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung,” tambah Sally, seperti dilansir WebMD.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar