UTAU

UTAU adalah software olah suara, gampangnya, Vocaloid versi gratis. Software ini dikembangkan olehAmeya/Ayame dan tersedia untuk Windows dan Mac.

Awalnya, UTAU diciptakan sebagai alternatif pengganti Vocaloid bagi orang-orang yang tidak mampu membeli software Vocaloid yang mahal. Saat pertama kali dirilish, kualitas UTAU memang masih jauh dibawah Vocaloid, namun setelah mengalami beberapa perubahan, hasil lagu UTAU sekarang dapat dibandingkan dengan Vocaloid.

Salah satu sebab mengapa UTAU terkenal adalah karena kita bisa membuat voicebank sendiri!
Tidak seperti Vocaloid yang jenis suaranya terbatas, pengguna UTAU bisa membuat sendiri voicebank-nya. Biasanya voicebank UTAU berasal dari suara penguna UTAU itu sendiri. Jika tidak mau membuat voicebank sendiri, kita bisa men-download voicebank karya pengguna lain. Pilihan voicebaknya pun sangat banyak, ada ribuan voicebank yang bisa kita download gratis.
Namun, tidak semua voicebank kualitasnya terjamin. Itu karena UTAU dalah program gratis yang bisa digunakan siapa saja, termasuk orang amatir yang tidak tahu apa-apa tentang seni suara.



gambar milik HaganeRyusuke (deviantart)
UTAU mempunyai suara deafult / standar yang disertakan ketika kita mendownload softwere UTAU. Voicebak ini bernama Uta Utane. Tapi lebih dikenal dengan sebutan Defoko (default girl). Bersama dengan Teto dan Momo, mereka disebut sebagai '3 UTAU Girls' karena mereka adalah 3 UTAU pertama yang dirilis secara publik.



Teto dan Miku di Project Diva


Soal ketenaran, Kasane Teto adalah ratunya. UTAU kedua setelah Defoko ini berjasa membuat UTAU terkenal. Teto awalnya dikenalkan pada publik sebagai Vocaloid sebagai gurauan April Mop. Sejak saat itu dia menjadi terkenal.
Saking terkenalnya, Teto sering muncul dalam ilustrasi bersama berbagai vocaloid. Teto juga merupakan salah satu karakter official di Project DIVA, bersama dengan vocaloid-vocaloid milik Crypton Future Media. Sampai sekarang banyak orang yang mengira kalau Teto adalah vocaloid.

Ada pertanyaan? silahkan comment di bawah :)
credit: UTAU wiki


** PENGUMUMAN**
CHi juga akan merilis voicebank sendiri!!
Rencananya akan ada 2 voicebank (berasal dari suara Chiharu dan Chiaki). Ditunggu yaa~

Click! Click!
Download UTAU (Windows)
Download UTAU (Mac)
Daftar Utauloid
Indonesian Utauloids
(UTAU asli Indonesia lumayan banyak lo!)

Komentar