Cara meningkatkan daya ingat



Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi - Kemudahan dalam berbagai hal yang dibantu oleh perangkat teknologi membuat kemampuan daya ingan beserta daya kosentrasi seseorang cenderung menurun akhir-akhir ini. Kecendrungan seseorang untuk bergantung kepada perangkat teknologi membuat seseorang malas untuk mengingat banyak hal.

Cepatnya arus informasi yang bisa diperoleh dari media internet juga menjadi salah satu faktor pendukung untuk memaksa seseorang untuk berpikir lebih keras dan cepat. Hal seperti ini tentunya dapat berakibat menambah tekanan yang sangat melelahkan, sehingga akan berdampak langsung kepada fungsi daya ingat seseorang.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Meski hal ini telah terjadi kepada Anda, tetapi jangan risau, karena tentu ada cara yang bisa mengatsinya. Cara meningkatkan daya ingat otak atau cara meningkatkan kemampuan daya ingat memori Anda dapat diatasi dengan melatih konsentrasi dan daya ingat. Berbagai cara memfokuskan konsentrasi dan tips menambah kosentrasi akan dipublikasikan kepada Anda melalui artikel ini.



Berikut adalah tips mempertajam konsentrasi yang bisa Anda lakukan yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat dalam kehidupan Anda sehari-hari.

1. Jaga kondisi fisik dengan makan makanan bergizi dan teratur serta melakukan olah raga rutin untuk menjaga stamina. Kondisi fisik yang prima akan lebih memudahkan kita dalam menerima input sehingga proses penyimpanan ke daya ingat menjadi lebih mudah.

2. Libatkan semua panca indra saat menerima informasi baru. Semakin banyak panca indra kita libatkan untuk mengingat informasi baru semakin kuat ingatan kita merekam informasi tersebut. Meskipun ada gadget canggih di tangan Anda latihlah panca indra Anda untuk mengingat lebih banyak hal.

3. Lakukanlah relaksasi secara teratur. Relaksasi efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat Anda dengan secara sadar mengurangi ketegangan otot-otot sebelum mempelajari hal baru.

4. Hindari obat penenang, zat yang menimbulkan kantuk dan berbagai zak kimia lain yang berpotensi menurunkan daya ingat Anda. Segala zat yang membius otak termasuk alcohol, benzodiazepin (biasa untuk terapi ganguan kecemasan) dan obat penenang lain menghambat fungsi optimal daya ingat anda. Jika ingin santai, makanlah makanan berkarbohidrat tinggi yang merangsang produksi tritofan dan bertindak sebagai penenang alami.

5. Tidurlah yang cukup. Saat kita terlelap terutama beberapa jam di awal tidur, otak kita akan menyibukan diri memproses segala informasi yang kita pelajari sebelumnya. Hal ini tentu akan menambah kemampuan daya ingat.

Demikianlah tips cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini kiranya dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa baca juga tulisan terkait tentang Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami yang sudah ditulis sebelumnya di blog Berita Terhangat.

Komentar