10 Lokasi Yang Dianggap Angker di Surabaya

Kembali lagi di hari Kamis dan menyambut malam Jumat, Gue akan membagikan soal informasi lokasi-lokasi angker di Indonesia yang terkumpul dari berbagai sumber.
Karena memang entah percaya atau tidak, cerita-cerita angker yang erat hubungannya dengan sosok hantu memang sudah seperti jadi budaya di Indonesia. Bahkan di setiap kota selalu memiliki cerita masyarakat sendiri yang sudah ada semenjak turun-temurun.
Setelah kamu mengetahui lokasi-lokasi angker di SMA Tugu Malang, lalu berpindah ke Bandung dan Jakarta, kini giliran kamu di kota Surabaya yang harus mengetahui. Apa saja ya lokasi angker di Surabaya? Well, boleh percaya tau tidak terserah kamu ya!

1. Pantai Kenjeran

Lokasi angker erat kaitannya dengan kekuatan mistis yang ada. Pantai Kenjeran menjadi salah satu yang dianggap demikian karena konon katanya ada kerajaan ular di sana. Salah satu titik misterius di pantai Kenjeran adalah sebuah tikungan dari pantai lama menuju arah Nambangan yang dipercaya selalu memakan korban jiwa. Bahkan data menyebutkan setidaknya setiap tahun ada orang tewas di sana. Hmm, boleh percaya atau tidak.


2. Balai Pemuda

Disebutkan saat jaman penjajahan Belanda, balai pemuda ini adalah lokasi para pemuda untuk berdugem semalam suntuk. Pemuda Belanda disebutkan berdansa sambil mabuk sampai malam di tempat ini. Sekarang balai pemuda sudah menjadi tempat pernikahan atau konser musik. Tapi beberapa orang percaya bahwa di malam-malam tertentu sering terdengar alunan musik jadul dari dalam gedung kosong itu. Bahkan dulu ada semacam pohon beringin di samping balai pemuda yang sering diberi sesajen. Hanya kini pohon beringinnya sudah ditebang.


3. Kampus ITS

Apakah kamu mahasiswa ITS? Kamu pasti tahu jalan kembar di depan ITS yang dipercayai ada sosok kuntilanak yang bisa terlihat di sana saat malam hari di atas pukul 22.00. Meski kini jalanan itu sudah diberi penerangan layak, melintasi sendiri di malam hari mungkin bukan pilihan yang tepat bagi kamu yang penakut. Selain itu, gedung perpustakaan ITS dan teknik sipil dianggap angker karena pernah ada mahasiswa yang gantung diri di tangga gedung sana.


4. Kampus Universitas Airlangga

Selain dikenal sebagai kampus bergengsi, Universitas Airlangga juga dianggap sebagai lokasi angker terutama beberapa gedung-nya seperti gedung jurusan Sastra dan FISIP. Lorong-lorong menuju kantin Farmasi juga dianggap memiliki aura angker yang cukup mengerikan. Kisah-kisah hantu seperti lampu yang tiba-tiba mati meski baru diganti, suara wanita menangis sampai tiba-tiba terjatuh seperti ada yang memegang di ujung kaki adalah hal biasa. Bahkan bagi kamu yang berani, kamu bisa datang ke gedung ini pada waktu antara magrib dan sebelum isya atau di atas pukul 23.00.


5. Rumah Hantu Darmo

Rumah hantu Darmo mungkin menjadi lokasi angker paling terkenal di Surabaya. Bukan tanpa alasan, rumah yang sudah ditinggal penghuninya selama 10 tahun ini memiliki cerita-cerita seram. Kabarnya para penghuni rumah ini dibunuh oleh jin karena sang pemilik memiliki perjanjian dengan ilmu hitam. Suara tangisan di tengah malam sampai sosok kasat mata seringkali dialami oleh warga di sekitar rumah ini. Ingin mencoba ke sana?


6. SMA Kompleks (SMA 1,2,5 dan 9)

Masih ingat apa formula pas untuk lokasi berhantu? Ya benar, gedung bangunan lama. Hal itu yang terjadi pada SMA kompleks (SMA 1,2,5, dan 9) yang sudah berdiri sejak jaman Belanda ini. Orang-orang percaya bahwa tempat ini adalah 'gudangnya' hantu. Banyak cerita ganjil yang dialami para pelajar di sana. Seperti saat sore menjelang malam selalu ada suara-suara aneh papan tulis dipukul dan ditulis, toilet yang airnya keluar sendiri, sampai di malam hari ada sosok tentara pelajar tanpa kepala maupun guru Belanda yang berdansa dan suara mesin ketik tak bertuan. Cukup mengerikan.


7. Kompleks Tugu Pahlawan

Salah satu yang membuat lokasi ini mengerikan adalah adanya makam di tugu Pahlawan. Salah satu gedung di sekitar tugu Pahlawan adalah gedung tua Bank Indonesia yang pernah ada sosok pendekar jaman dulu dengan pakaian khas Madura berkeliling kantor di malam hari. Maupun kisah tukang bersih-bersih yang dikejar pocong. Masih berminat mau berkunjung di sana saat malam hari?


8. Delta Plaza

Di bali kemegahan mall ini, ternyata dulu dirikan di atas bekas rumah sakit Sampingan. Bahkan apakah kamu pernah mendengar legenda suster gepeng yang ramai beredar di tahun 90-an? Cerita itu berawal dari rumah sakit Sampingan yang konon katanya sosok suster gepeng sampai saat ini masih ada di antara WTC dan plaza ini. Silahkan kamu cari sendiri.


9. Gedung Grahadi

Masih merupakan peninggalan bangunan jaman Belanda, gedung Grahadi adalah rumah dinas Gubernur Jawa Timur. Sebagai bangunan lama, Grahadi dulu difungsikan sebagai peristirahatan pejabat Belanda. Semakin berjalannya waktu, kisah horor di Grahadi semakin muncul. Seperti seringkali ada sosok hantu Belanda berjalan di antara lorong. Bahkan Gubernur Jawa Timur saat ini Soekarwo enggan tinggal di sini. Kenapa ya?


10. Bekas Pabrik Padi Ketintang

Sebuah pabrik tua di kawasan Ketintang dianggap sebagai tempat sosok misterius. Lokasi yang dulu merupakan pabrik padi saat jaman Belanda itu rupanya dibeli oleh perusahaan swasta. Sampai saat ini di dalam gedung tua itu masih ada mesin-mesin namun kondisi gedung begitu gelap dan tanpa cahaya. Sosok seperti perempuan Belanda menjadi makhluk astral terkenal di sana. Selain ada sosok nenek tua yang disebutkan terbunuh di jaman Belanda secara dipenggal sering terlihat di pabrik tua Ketintang ini.

Komentar