CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 19 November 2012

efek samping teh hijau


Teh hijau selama ini dikenal mmepunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Diantara adalah menurunkan berat badan, mencegah rambut rontok, bahkan katanya bisa menghambat penuaan karena kandungan antioksidannya.
Tapi, meskipun teh hijau memiliki beragam manfaat buat kesehatan, tak serta merta kita boleh mengonsumsinya secara berlebihan karena bagaimanapun, segala hal apabila dilakukan berlebihan akan berakibat tidak baik. Begitu pula dalam mengonsumsi teh hijau.
Beberapa efek samping dari teh hijau adalah bisa menyebabkan sembelit, muntah, dan juga sakit kepala. Tak hanya itu, kandungan kafein yang tinggi dalam teh hijau juga bisa menyebabkan kita mengalami insomnia (susah tidur).
Nah, untuk itu perlu anda perhatikan beberapa hal dalam mengonsumsi teh hijau agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal dan meminimalisir efek samping yang ditimbulkan.
- Pilihlah teh hijau yang masih segar
Teh hijau biasa dikonsumsi dengan disduh dengan air panas. Untuk mendapatkan manfaat maksimal sebaiknya jangan menyimpannya terlalu lama atau lebih dari satu jam air seduhan teh hijau karena kandungan vitamin dan antioksidannya bisa berkurang.
- Minumlah teh hijau 1 jam sebelum makan
Teh hijau akan mampu mengontrol nafsu makan dalam waktu lama, selain itu juga bisa menurunkan berat badan
- Jangan terlalu banyak menggunakannya
Teh hijau yang terlalu pekat bisa menyebabkan gangguan gangguan pencernaan, sulit tidur, dan jantung berdebar. Jadi seduhlah teh hijau sewajarnya jangan terlalu berlebihan.
- Konsumsi hanya 2 sampai 3 cangkir perhari
Sebaiknya anda membatasi dengan bijak minum teh hijau biar tidak menimbulkan efek samping yang malah membahayakan tubuh. 2 sampai 3 cangkir sehari cukup untuk konsumsi anda.
Yah, memang tak selalu segala hal yang bermanfaat akan terus memberikan manfaat apabila kita mengunakannya secara berlebihan, jadi sangat penting sekali untuk bersikap bijak untuk melakukan sesuatu sewajarnya saja. Yah, semoga anda bisa memetik pelajaran dari artikel ini dan semoga menambah wawasan baru bagi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar