CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 30 Maret 2012

Tips Atasi Bau Kaki

Jujur, kaki yang bau itu sangat mengganggu dan menjatuhkan harga diri. Tidak hanya bagi orang lain, tapi juga bagi si pelaku. Malah, kalau boleh saya katakan, mengeluarkan bau kaki adalah tindak kejahatan tingkat tinggi. Hehe. Tapi tidak usah minder, postingan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana mengatasi bau kaki.
Bau kaki sebenarnya bermula dari kaki yang berkeringat. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari hormon, pemakaian sepatu yang lumayan lama (biasanya lebih dari 4 jam), atau karena kekurang higienisan seseorang terhadap kebersihan kakinya.
Keringat di kaki ini bisa menimbulkan jamur dan bakteri yang akan mudah berkembang di tempat yang lembab. Bakteri yang tumbuh di tempat lembab dan tertutup seperti inilah penyebab bau kaki yang utama.
Sebenarnya, ketika kaki mengeluarkan keringat, ini adalah proses yang sangat wajar terjadi pada tubuh kita. Tapi menjadi tidak wajar saat para bakteri ini tumbuh menggila diatas kondisi normal karena keadaan kaki yang tertutup dan lembab. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi bau kaki. Semoga bermanfaat!
  1. Jaga kebersihan kaki anda. Cuci dengan bersih dan keringkan dengan seksama. Terutama bagian sela-sela jari.
  2. Jika anda suka menggunakan kaus kaki, usahakan unutk selalu menggantinya tiap hari. Memakai kaus kaki yang sama selama lebih dari satu sangat tidak dianjurkan. Selain jorok, baunya juga akan tambah menyengat.
  3. Jika kaki anda memang jenis kaki yang banyak mengeluarkan keringat, anda bisa menggunakan bedak khusus untuk kaki. Bisa dipakai sebelum memakai alas kaki.
  4. Potong kuku kaki secara teratur.
  5. Jika memang menungkinkan, pakai saja sepatu yang ujung jarinya terbuka (untuk wanita). Kaki bisa sedikit bernafas dengan sepatu jenis itu.
  6. Jika anda menggunakan kamar mandi umum atau sedang berenang di kolam renang umum, usahakan selalu pakai alas kaki. Kemungkinan tertempel kuman akan lebih besar saat kaki anda dalam keadaan telanjang.
  7. Jangan biasakan untuk bertukar alas kaki, handuk atau pakaian dengan siapapun. anda tidak tau penyakit yang diderita orang lain kan?
  8. Sadari jika anda memiliki bau kaki. Jika bingung atau malu bagaimana cara mengetahuinya, cium kaki anda. hehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar