CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 27 Januari 2014

WISATA ALAM YOGYAKARTA - Keindahan Gua Pindul dari Dalam dan Luar

Yogyakarta sesungguhnya menyimpan banyak sekali tempat - tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Alam Gua Pindul ( Cave Tubing ) yang terletak di Kab.Gunung Kidul Yogyakarta. Selain Pantai, Gunungkidul juga terkenal dengan Gua.

Gua Pindul merupakan satu dari rangkaian tujuh gua yang dialiri sungai bawah tanah di daerah Bejiharjo. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 m, lebar 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5 m.
Di salah satu bagian Gua Pindul terdapat tempat yang cukup lebar sehingga terlihat seperti kolam luas. Di bagian ini juga terdapat celah yang cukup lebar tempat sinar matahari masuk. Anda yang ingin memasuki gua secara vertikal bisa masuk ke Gua Pindul melewati celah ini.

Goa Pindul sendiri memiliki 3 zona. yakni zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi. panjang Goa Pindul sendiri kurang lebih 300 M dengan waktu tempuh sekitar 45 menit  sampai 60 menit. Untuk menelusuri Goa Pindul para wisatawan di wajibkan menggunakan jaket pelampung, ban dan sepatu, untuk semua alat – alatnya sudah disediakan di sekretariat Goa Pindul.

Cavetubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua dengan naik di atas ban dalam. Karena aliran air di Gua Pindul ini tenang dan debit airnya relatif sama baik di musim penghujan maupun musim kemarau, maka melakukan cavetubing di Gua Pindul ini juga bisa dilakukan oleh para pemula maupun anak kecil.

Ditengah Gua, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah dimana seringkali  digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau yang hendak melakukan latihan.

Saat anda melakukan susur gua di Gua Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stalaktit yang sudah menyatu dengan stalakmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa. Statatit ini merupakan stalatit terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat no 4 di dunia.

Tak jauh dari Gua Pindul terdapat Gua Gelatik (gua kering), monumen peninggalan Jendral Sudirman, serta situs purbakala Sokoliman.


PAKET WISATA ALAM  di Yogyakarta
Candi Prambanan - Susur Gua Pindul - Menikmati Alam di Bukit Bintang
Susur Gua Pindul - Menikmati Pantai Baron / Krakal / Sundak

Biaya Sewa Mobil: Rp 375.000 / 12 jam
Include: Driver + BBM ( Tidak termasuk: Tiket Wisata, Parkir, dll )
Tersedia Mobil: Avanza, APV dan Xenia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar